Monday, April 1, 2013

Kebaya

KEBAYA KAOS 05 Kebaya adalah pakaian tradisional wanita Indonesia yang biasanya terbuat dari kain rajutan tipis, terkadang polos, terkadang bermotif bunga-bunga dan biasanya dikenakan dengan memadukan dengan kain batik. Namun seiring dengan perkembangan janam, kebaya tidak hanya dipadukand engan kain batik, namun juga dengan kain motif lain selain batik, sesuai dengan selera yang mengenakannya.

Ada sumber yang mengatakan  kata kebaya  berasal dari kata arab abaya yang berarti pakaian. Dipercaya kebaya berasal dari Tiongkok ratusan tahun yang lalu. Lalu menyebar ke Malaka, Jawa, Bali, Sumatera, dan Sulawesi. Setelah akulturasi yang berlangsung ratusan tahun, pakaian itu diterima di budaya dan norma setempat.

Kebaya menyebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, khusunya di Jawa, Bali, Malaka, Sulawesi, dan Sumatra. Masing-masing daerah di Indoenesia memiliki kebaya dengan ciri-ciri yang berbeda-beda.

Kalau jama dulu kebaya cenderung memiliki model tertutup, dengan kain tipis, namun saat ini sebagian besar kebaya memiliki model yang transparan. Namun ada beberapa daerah yang mempertahankan kebaya yang menggunakan model tertutup. Kebaya transparan biasanya adalah kebaya-kebaya modern, sedangkan kebaya tradisional masing menggunakan konsep tertutup. Disini bisa kita lihat bahwa kebaya mengikuti perkembangan jaman.

Kebaya biasanya digunakan pada acara-acara adat, upacara persembahyangan (Umat Hindu), pernikahan, acara nasional, dan acar-acara lainnya. pada jaman dahulu, kebaya adalah pakaian  keseharian. Bahkan sampai saat ini kita basih bisa melihat, para sepuh yang masih menggunakan kebaya sebagai pakaian keseharian.

Berbicara tentang kebaya, tentu kita tidak bisa terlepas dari Bali. Di bali kebaya masih sangat lestari, karena selain sebagai pakaian tradisional, kebaya merupakan pakaian wajib untuk sembahyang. Sehingga kebaya tidak hanya diapkaai oleh kaum ibu-ibu atau nenek-nenek, namun juga disukai dan dipakai oleh kaum muda. Gadis-gadis dibali tidak malu memakai kebaya, walaupun berkesan tradisional karena sudah menjadi kebiasaan dan keharusan. Ibaratnya sudah menjadi ciri, jika gadis Bali atau kaum ibu-ibu memakai kebaya maka mereka akan pergi sembahyang.

 

No comments:

Post a Comment